Totorial Photoshop


tutorial ilmu grafis indonesia
ilmugrafis indonesia
www.pusatstudi.gunadarma.ac.id/pscitra

Rabu, 24 April 2013

Perangkat Keras Jaringan Komputer Beserta Fungsinya dan Topologi Jaringan

Nama: Asfa Desnika Putri
NPM: 41110175
Kelas: 3DC01
Perangkat Jaringan Komputer adalah sebuah entitas fisik yang terhubung ke jaringan yang berfungsi sebagai jaringan komunikasi data. Contohnya seperti Hub, Switch, router, modem, hardware firewall, LAN cards, dll. Berikut ini akan dijelaskan fungsi dari berbagai perangkat jaringan.
1. Jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer
A. Hub --> 
Adalah perangkat jaringan yang paling sederhana. Pada hub, data diteruskan ke semua port, terlepas dari apakah data dimaksudkan untuk sistem yang terhubung ke port. Selain port untuk penghubung komputer, bahkan hub pada umumnya memiliki port yang ditunjuk sebagai port uplink yang memungkinkan hub terhubung ke hub untuk membuat jaringan yang lebih besar.

Gambar 1 Hub
B. Switch -->
Seperti router, switch adalah perangkat cerdas yang memetakan alamat IP dengan alamat MAC dari LAN cards. Berbeda dengan hub, switch tidak menyampaikan data ke semua komputer, namun hanya mengirimkan paket data ke komputer yang ditujukan. Switch digunakan dalam LAN, MAN dan WAN. Dalam sebuah jaringan Ethernet, komputer secara langsung terhubung dengan switch melalui kabel twisted pair.Dalam jaringan, switch menggunakan tiga metode untuk mengirimkan data yaitu store and forward, cut through and fragment free.
Gambar 2 Switch 16 Port

C. Router --> 
Router adalah perangkat komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda. Fungsi utama dari router adalah untuk pemilahan dan distribusi dari paket data untuk berbagai tujuan mereka berdasarkan alamat IP paket data tersebut.
Gamabr 3 Router

D. Modem --> 
Modem adalah salah satu perangkat jaringan komputer yang merupakan perangkat komunikasi yang digunakan untuk menyediakan konektivitas dengan internet. Modem bekerja dalam dua cara yaitu modulasi dan demodulasiyang berfungsi mengubah data digital ke analog dan data analog ke digital.

Gambar 4 USB Modem
 E. LAN Card -->
LAN Card atau network adapters merupakan blok bangunan dari sebuah jaringan komputer. Komputer tidak dapat berkomunikasi tanpa terinstal dan terkonfigurasi dengan Lan card. Setiap LAN card disediakan dengan sebuah alamat IP yang unik, subnet mask, gateway dan DNS (jika ada). Setiap kartu LAN disediakan dengan sebuah alamat IP yang unik, subnet mask, gateway dan DNS (jika ada). Kartu LAN dimasukkan ke dalam expansion slot di dalam komputer.


Gambar 5 LAN Card

TOPOLOGI JARINGAN

Tiga Jenis Topologi Wireless Yang Mesti Diketahui

Teknologi wireless merujuk pada peraturan internasional IEEE 802.11. Perhatikan pada spesifikasi wireless biasanya tertulis 802.11b/g/a. 802.11 adalah pasal aturan yang dikeluarkan oleh lembaga internasional IEEE untuk memberikan semacam panduan atau acuan kepada produses wireless.
Hal utama yang diatur oleh IEEE dalam 802.11 b adalah kemampuan atau tenaga yang dikeluarkan atau dipancarkan oleh wireless kepada lawannya. Hal lain pun juga diatur dalam pasal tersebut namun bagi kita pengguna, hal terpenting adalah cukup mengetahui sejauh mana kemampuan wireless dalam mengirimkan data ke lokasi tujuan. Namun kita tidak akan membahas panjang lebar tentang IEEEE-nya wireless. Hal lain yang tidak kalah penting terkait wireless adalah susunan jaringan wireless.

Susunan atau topology wireless LAN terdiri atas Access Point dan wireless client, meski ada juga yang hanya terdiri dari wireless client saja, tanpa access point. Access point berfungsi sebagai terminal untuk menghubungkan sesama klien-klien wireless dan juga jaringan komputer yang masih menggunakan kabel. Melalui access point kita bisa melakukan koneksi ke lebih dari satu wireless klien. Apa yang terjadi kalau tidak punya dana untuk membeli sebuah access point, jika kondisinya demikian maka kita hanya bisa mengubungkan wireless klien langsung ke wireless klien lain, tanpa access point, ingat! Tanpa acess point! Meski saat ini ada software yang bisa membuat klien WLAN kita berfungsi sebagai Access Point namun kinerjanya tidak sebaik perangkat access point yang memang secara hardware dan software dirancang khusus untuk mengghubungkan lebih dari satu klien WLAN.

Topologi WLAN berbeda dengan topologi kabel LAN, WLAN menggunakan teknologi wireless ( IEEE 802.11) sedangkan jaringan kabel LAN menggunakan teknologi Ethernet ( IEEE 802.3 ). 

 Ada tiga jenis topologi wireless LAN:

1. Independent Basic Service Sets (IBSSs) 
2. Basic Service Sets (BSSs) 
3. Extended Service Sets (ESSs) 

Apa itu service set? Service set adalah pengelompokan perangkat WLAN secara logika bukan secara fisik. Ketika pemancar atau transmitter mengirimkan gelombang elektromagnet berupa Radio Frequency dan diterima oleh penerima, setelah itu pemancar akan memberikan semacam salam atau sapaan kepada penerima berupa Seivice Set Identifier atau SSID. SSID seperti salam pembuka atau kata sandi yang mesti diucapkan oleh pemancar agar bisa dikenali oleh penerima. Bagi penerima, SSID juga berfungsi untuk menyeleksi pemancar mana yang boleh berkomunikasi dengannya. Jadi tidak asal terima begitu saja. Jadi tugas SSID menentukan identitas sebuah kelompok perangkat WLAN tanpa peduli jenis hardware-nya.

1. Independent Basic Service Sets (IBSSs)





IBSS atau Ad-hock adalah topologi WLAN yang menghubungkan antara beberapa klien dari wireless tanpa menggunakan Access Point. Beberapa klien wireless yang berkomunikasi dengan model IBSS memiliki beberapa kelemahan. Jika semakin banyak kliennya maka prosesnya akan menjadi lambat yang disebabkan oleh keterbatasaan dari perangkat wireless client. Topologi IBSS mirip dengan model point to point dan juga point to multipoint pada jaringan kabel LAN namun bedanya tidak adanya sebuah terminal ( access point ) seperti hal nya switch pada LAN yang berfungsi untuk membuat perangkat-perangkat wireless klien saling terhubung. Kelemahan lain adalah karena tidak adanya Access point maka wireless client tidak bisa mengatur prioritas dari perangkat mana yang harus didahulukan. Hal ini menyebabkan tabrakan atau collusion yang tentu dapat membuat komunikasi jadi lambat.


 2. Basic Service Sets (BSSs) 




BSS adalah kumpulan dari perangkat wireless yang terhubung satu sama lain dengan perantaraan sebuah perangkat access point. Perangkat access point berfungsi sebagai terminal pusat, semua klien wireless harus terhubung dahulu dengan access point sebelum berkomunikasi dengan klien yang lain. Pada klien WLAN harus beroperasi menggunakan mode Infrastructure Basic Service Set, jika tidak maka tidak bisa berkomunikasi dengan Access Point. BSS lebih bagus dari topologi IBSS.


3. Extended Service Sets (ESSs) 


Extended Service Sets (ESSs) adalah kumpulan dari beberapa topologi BSS. Pada topologi ESS terdapat lebih dari satu Access Point(AP), Access Point - Access Point dalam topologi ESS terhubung satu sama lain melalui port uplink. Alasan utama dipakainnya model topologi ini adalah untuk memperluas daya jangkau AP dan juga karena meningkatnya beban yang mesti dilayani oleh satu AP. Beberapa hal yang mesti diperhatikan adalah dalam sebuah topologi ESS, AP-AP yang ada harus beroperasi dengan channel yang berbeda agar tidak saling meng- interferensi dan harus tetap menggunakan SSID yang sama.



Sumber : http://www.arvie-13.com/2013/04/perangkat-jaringan-komputer-beserta.html
             http://www.norisanto.com/2012/12/tiga-jenis-topologi-wireless-yang-mesti.html

6 komentar:

  1. keren sekali artikelnya gan',
    sangat berguna sekali,,,
    mantap

    BalasHapus
  2. thank udah berbagi ilmunya, sangat menarik dan menambah wawasan buat saya..

    BalasHapus
  3. Ulasan yang bagus sob bermanfaat buat orang banyak dan tentunya setelah membaca artikel ini ilmu saya bertambah..

    BalasHapus
  4. Thanks yaw kakak atas informasinya....ijin ngepost buat keperluan tugas sekolah

    BalasHapus
  5. artikelnya bagus gan, kunjungi juga blog saya di Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya arga yudha

    atau link.nya di https://jaringan-argayudha.blogspot.com/2015/08/perangkat-jaringan-komputer-dan.html

    untuk tutorial tentang arduino dan sistem informasi kunjungi juga web saya di http://www.argayudhaadhiprama.com/ ,

    trimakasih dari arga yudha adhiprama

    BalasHapus